Trik Unik Pada Tubuh Kita

Trik Unik Pada Tubuh Kita

1. Jika tenggorokan terasa gatal, garuklah telingamu. Ketika saraf-saraf di telinga mendapat rangsangan, akan tercipta refleks yang menyebabkan kejang otot di tenggorokan sehingga gatal akan mereda.

2. Tak bisa mendengar dengan baik di saat sedang menelepon? Fokuskan pendengaran pada telinga kananmu. Telinga kanan mampu menangkap pembicaraan cepat dengan lebih baik. Sebaliknya, telinga kiri mampu menangkap irama musik dengan lebih sempurna.

3. Untuk melegakan hidung tersumbat atau tekanan pada sinus, doronglah langit-langit mulut dengan lidah kemudian tekankan jarimu ke atas hidung di antara alis kiri dan kanan. Mengulangi langkah tersebut selama 20 detik akan menyebabkan tulang vomer bergoyang sehingga hidung mampet akan terasa longgar.

4. Jika anda terlalu banyak makan sehingga merasa sesak dan mual saat akan tidur, cobalah berbaring miring menghadap ke kiri. Cara tersebut akan menjaga posisi perutmu di tempat yang lebih rendah dari esofagus sehingga asam lambung tak akan bergerak naik ke tenggorokan.

5. Tahukah kamu kalau sakit gigi bisa diatasi dengan es? Gosokkan saja es ke punggung tangan di antara selaput ibu jari dan telunjuk. Jalur saraf di tempat tersebut akan merangsang bagian otak yang menghambat sinyal sakit dari mulut.

6. Ketika gugup, tiuplah ibu jari tanganmu untuk memperlambat detak jantung. Saraf vagus yang mengontrol detak jantung bisa ditenangkan dengan pernapasan.

7. Pernahkan kamu mengalami kebekuan otak (brain freeze) atau sakit kepala akibat mengkonsumsi makanan atau minuman dingin secara cepat? Gangguan tersebut terjadi karena makanan atau minuman yang terlalu dingin menyentuh langit-langit mulut secara terus menerus dan cepat. Akibatnya, otak berpikir bahwa seluruh tubuhmu terasa dingin dan mengirimkan rangsangan panas dengan cepat yang bisa menyebabkan sakit kepala. Cara mengatasinya ialah dengan menggosok-gosokkan lidah ke langit-langit mulut untuk membuatnya hangat sehingga otakmu akan kembali tenang.

8. Kalau kamu merasa sekelilingmu berputar setelah minum minuman beralkohol, peganglah kursi, meja, tiang, atau sesuatu yang stabil di dekatmu. Alkohol yang bercampur dalam darah mengganggu kinerja saraf cupula di telinga yang berfungsi mengatur keseimbangan. Dengan memegang benda yang stabil, otakmu akan mampu menentukan arah dan membuat putaran berhenti.

9. Rasakan pendengaran supersonik !
Ketika kita terjebak di tengah orang ngobrol, condongkan tubuh dengan telinga kanan ke depan. Menurut peneliti dari UCLA David Geffen School of Medicine, telinga kanan lebih baik daripda telinga kiri dalam hal mengikuti ritme obrolan yang cepat. Sebaliknya, jika ingin mengidentifikasi lagu yang terdengar lembut, telinga kiri berfungsi lebih baik dalam memilah nada musik.

Semoga tips dan trik unik tersebut berguna untuk anda ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.