Tag Archives: makan

5 Cara Menurunkan Kadar SGOT dan SGPT yang Tinggi

SGOT dan SGPT adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui seberapa baik fungsi hati dan organ lainnya. hasil kedua pemeriksaan sama-sama tinggi dapat menjadi pertanda adanya gangguan hati yang perlu diperiksakan lebih lanjut. Lantas, bagaimana menurunkan kadar SGOT dan SGPT tinggi?

Berbagai cara yang bisa membantu turunkan kadar SGOT dan SGPT tinggi

SGOT dan SGPT adalah enzim yang berfungsi untuk membantu hati mencerna lemak. Keduanya tak hanya terdapat di dalam hati, namun di setiap sel-sel organ lainnya. Meski begitu, SGPT memang lebih banyak ditemukan pada hati.

Ketika hati (atau organ lainnya) mengalami masalah, maka kedua enzim ini akan masuk ke pembuluh darah dan kadarnya pun meningkat di dalam tubuh.

Selain obat-obatan yang mungkin akan diberikan, berikut adalah hal lain yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar SGOT dan SGPT yang tinggi.

1. Hindari makan makanan berlemak

Sebenarnya, salah satu penyebab SGOT dan SGPT tinggi adalah karena makanan berlemak yang sering Anda makan. Ya, enzim ini terdapat di dalam hati dan memiliki fungsi utama untuk memecah lemak di dalam tubuh. Ketika lemak yang masuk terlalu banyak, maka lama-kelamaan organ hati sudah tidak sanggup untuk mengolahnya, sehingga muncul kerusakan pada sel hati.

Meskipun makanan berlemak bukanlah alasan utama yang membuat fungsi hati rusak, tapi hal ini juga ikut berkontribusi dalam peningkatan SGOT dan SGPT. Maka dari itu, sebaiknya hindari makanan yang berlemak jenuh dan lemak trans. Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayur dan buah.

2. Jangan minum yang bisa menimbulkan racun bagi tubuh

Alkohol adalah penyebab utama dari rusaknya hati yang kemudian membuat SGOT dan SGPT Anda melonjak. Jika memang Anda memiliki kebiasaan minum alkohol, maka mulai sekarang sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut.

Hati adalah organ yang bertanggung jawab atas menetralisasi dan menyaring racun dari darah. Minuman beralkohol termasuk racun bagi tubuh, maka itu akan diolah dalam hati. Bila konsumsi terlalu banyak dan sering, maka organ hati tidak akan sanggup lagi mengolah racun yang masuk dan akhirnya ada sel-sel yang rusak. Saat itu terjadi, SGOT dan SGPT akan mulai meningkat.

3. Hentikan konsumsi obat-obatan yang berlebihan

Sama seperti alkohol, zat obat yang masuk ke dalam tubuh akan diolah langsung oleh hati karena dianggap sebagai racun – meskipun bisa meredakan penyakit Anda. Beberapa obat dapat merusak hati jika dikonsumsi sembarangan dan berlebihan, sehingga menambah beban kerja hati dan akhirnya kadar kedua enzim ini pun meningkat. Jadi, sebaiknya konsultasikan semua obat yang akan Anda konsumsi pada dokter dan patuhi aturan minumnya.

4. Hindari makanan tinggi gula

Faktanya, tidak hanya makanan berlemak saja yang bisa bikin kadar lemak dalam tubuh meningkat, tapi juga makanan berkalori tinggi seperti makanan manis. Semua makanan manis ini akan diolah menjadi glukosa dalam tubuh yang biasanya digunakan sebagai bahan energi.

Akan tetapi, jika terlalu banyak tumpukan glukosa, maka glukosa yang tak terpakai akan disimpan oleh tubuh menjadi cadangan lemak tubuh. Nah, saat lemak semakin banyak, maka fungsi hati akan terganggu. Jadi, sebaiknya hindari semua makanan manis itu mulai sekarang.

5. Rutin olahraga

Selain menjaga pola makan sehat, rajin-rajinlah berolahraga untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal. Ini adalah salah satu upaya agar SGOT dan SGPT Anda kembali normal.

Olahraga sebaiknya dilakukan setiap hari selama 30 menit. Anda bisa mulai dari olahraga yang sederhana dulu, seperti berjalan atau jogging di area rumah Anda. Dengan begitu, tumpukan lemak di tubuh juga terbakar.

SUMBER: hellosehat.com

GOR Bekasi pagi ini

Alhamdulillah,

Pagi ini tadi dibangunin bojo untuk olah-raga.

Walopun sudah kesiangan (skitar jam 06:30), tapi semangat untuk olah-raga tetap membara.

Setelah persiapan beberapa menit – termasuk cuci muka, gosok gigi & boker – akhirnya kami berdua jalan pake motor Yamaha Byson Baru kesayangan kami :p.

Sampe di GOR Bekasi ternyata tidak terlalu ramai (apa sudah pada pulang kali..?), hanya saja terakhir kami kesini pengunjung ramai sekali. Dulu tempat parkir motor bisa penuh sampe ke luar lingkungan GOR yaitu di sepanjang jalan yang mengelilinginya. Tapi sekarang hanya di dalam saja itu pun hanya di sekitar lokasi tempat orang2 berolahraga yaitu di bagian sebelah Utara pojok Timur.

Kalo menurut perkiraan, saya tadi lari 4 putaran di trek terluar kira2 panjang kelilingnya 300 meter-an, larinya sih 100 meter doang sisanya jalan kaki :p.  Tapi lumayan sih keringetnya keluar CUKUP-lah sebagai permulaan :p

Selesai lari, kami ngiler pengen nyicip makanan “aneh” yang dijual di pinggir lapangan. Zuppa-Zoup ! namanya.

Zuppa Zoup
Zuppa Zoup

Jadi ini adalah cream-soup yang diatasnya ditutup roti, disajian dalam gelas cangkir panas-panas, dan bisa dinikmati dengan saus.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya kami makan ini, sebelumnya kami pernah di acara pernikahan temen.

Jambu Mete

Jambu Mete

Hari ini, pulang dari acara Perayaan Ulang Tahun salah satu famili di Perumahan Puri Cendana, Tambun, Bekasi. Di tengah perjalanan ada yang jualan Jambu Mete.

SUMPAH, mungkin kebetulan atau memang Gusti Allah dengar keinginan gue, beberapa hari yang lalu tiba-tiba gue pengen banget makan jambu mete.

EEH.. ada yang jualan di pinggir jalan, persisnya di jalan Kp. Bulu dari arah perumahan Papan Mas ke arah Jalan Setia Mekar.

Tapi harganya GILA mahalnya… yang gede itu sebiji Rp. 5k, kalo yang kecil-kecil 3-4 biji Rp. 10k.

8 Makanan yang gak boleh disimpan di Lemari Es

Menyimpan semua makanan di lemari es seharusnya tidak anda lakukan, karena dapat mengubah citarasa makanan tsb., atau mempercepat berkembangnya jamur. Jangan ambil resiko kehilangan citarasa karena yang perlu Anda lakukan hanya menyimpan makanan Anda dengan benar?

1. Tomat

Sekotak Tomat

Tomat akan kehilangan citarasanya di dalam lemari es. Kenapa ? Karena Udara dingin di dalam kulkas menghentikan proses pematangan, padahal semakin matang, maka tomat semakin berasa. Tomat sebaiknya tetap disimpan di keranjangnya.

2. Kentang
Kentang dalam suhu dingin kulkas akan mengubah pati menjadi gula dengan lebih cepat, sehingga kentang akan menjadi manis dan masir. Daripada disimpan dalam kulkas, lebih baik simpan di kantong kertas di tempat yang sejuk – tidak dingin. Tempat yang ideal untuk menyimpan kentang adalah tempat yang gelap di sekitar dapur. Kantong kertas lebih baik daripada plastik karena kertas lebih bagus dalam hal sirkulasi udaranya dan kentang tidak akan cepat busuk. suhu terbaik untuk kentang adalah 45 derajat. Semua ini berlaku untuk ubi jalar juga!

3. Bawang
Kelembaban udara dalam kulkas akan mengubah Bawang menjadi lembut dan berjamur. Simpan bawang di tempat yang sejuk dan kering dan pisahkan dari kentang, kerana jika disimpan dalam wadah yang sama, keduanya memburuk lebih cepat.

4. Alpukat
Kalau ingin alpukat cepat matang, sebaiknnya tidak disimpan dalam lemari es. Tapi, jika alpukatnya sudah matang, baru boleh disimpan dalam kulkas.

5. Bawang Putih
Bawang putih bisa tumbuh di dalam lemari es, dan juga bisa berjamur. Simpan bawang putih di tempat yang sejuk dan kering.

6. Roti
Kulkas akan mengeringkan roti dengan cepat (mengeras). Kecuali itu irisan roti sandwich yang Anda berniat untuk menggunakan dalam beberapa hari, terus roti keluar di meja atau di lemari es. Roti dalam freezer harus dibungkus sehingga mempertahankan kelembaban, dan ketika Anda mengeluarkannya dari freezer, Anda harus membiarkannya dahulu agar mencair perlahan-lahan dan sepenuhnya sebelum memakan atau memanggangnya.

7. Kopi
Jika Anda meninggalkan kopi dalam lemari es, ia akan kehilangan rasa dan benar-benar meninggalkan bau di lemari es. Anda harus menyimpan kopi di tempat yang sejuk dan gelap, di mana ia akan mempertahankan rasa dan kesegaran. Tapi, jika jumlah kopinya besar baru boleh anda simpan di freezer.

8. Madu
Madu tidak perlu disiman di Lemari Es, karena madu akan tetap baik selama Anda menutup wadahnya rapat-rapat. Madu di lemari es dapat menyebabkan ke crystalize.

Sumber : http://www.huffingtonpost.com/