Membaca Cerdas informasi di Internet

Membaca Cerdas bisa memiliki beberapa makna, antara lain : 1). Bacaan yang dibaca adalah bacaan yang cerdas atau 2). Cara kita membaca membuat kita menjadi cerdas. Keduanya sama-sama membentuk cara kita berfikir tajam (kritis) terhadap sumber bacaan kita.

Jika anda siap menjadi pembaca yang cerdas, mari kita lanjutkan …

Ketika anda membaca sebuah informasi di media online, yakinkan diri anda bahwa media (situs/portal berita/blog) yang anda baca tersebut punya motif/maksud tertentu untuk mempengaruhi pembacanya.

Salah satu cara untuk mendeteksi adanya motif itu antara lain dengan memperhatikan relevansi antara Judul dengan isi berita (content). Anda patut curiga jika apa yang anda baca tidak ada keterkaitan antara judul dengan isi. Setelah anda baca isi dari berita, buatlah sebuah kesimpulan sendiri lalu bandingkan dengan judul berita, apakah ada konsistensi atau tidak ?

Anda perlu membaca dengan lebih lambat (fokus) terhadap hal-hal yang memuat :
1. Informasi yang padat,
2. Instruksi detil dan rinci,
3. Definisi atau formula umum,
4. Analisa yang saling berkaitan seperti sejarah.

Membaca Berita (news) berbeda dengan membaca Blog ya. Berita biasannya diterbitkan oleh media massa (Pers) yang kredibilitasnya bisa dipertanggungjawabkan, karena mereka patuh pada undang-undang, dalam hal di Indonesia ada UU Pers No. 40 tahun 1999 (download).

Blog (Weblog) bukan-lah seperti media massa. Mereka sifatnya lebih kepada pendapat pribadi yang bebas, tidak terikat pada undang-undang Pers. Dan sekarang ini sudah banyak portal berita yang lebih cenderung berupa Blog. Salah satu cirinya adalah, conten yang ada di web mereka berupa copy dari web lain, dengan di sisipkan pengantar (pendapat) oleh pemilik blog.

Lalu bagaimana cara kita membaca cerdas ?

Manfaatkan mbah Google

-bersambung-

Referensi :
1. https://sujatmikasastra.wordpress.com/
2. http://info-pllwn.blogspot.com/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.