Duka AirAsia QZ8501 : Analisa penyebab kecelakaan

Kronologi hilang kontak AirAsia QZ8501 baca disini.

Fakta awal :

Debris pertama yang ditemukan Tim Penyelamat diantaranya adalah Emergency Exit Door dan mayat perempuan tanpa busana.

Analisa saya ;

Setelah meminta ijin ATC untuk merubah arah (belok ke kiri), sesuatu terjadi di dalam pesawat.

Sebelum akhirnya hilang kontak, terjadi kekacauan (kepanikan) di dalam pesawat, kemungkinannya adalah Pilot sudah memberitahukan kepada penumpang tentang kondisi darurat pesawat.

Kemudian di dalam kepanikan ada penumpang (atau awak pesawat) yang membuka pintu darurat, dan langsung terjun ke laut padahal kondisi pesawat masih di mengudara.

Perkiraan gue, oknum yang membuka pintu darurat bisa jadi adalah salah satu pramugari, kemudian setelah terjun dia membuka pakaiannya, karena dia tidak mau (nanti pada saat diselamatkan) mendapat masalah karena meninggalkan penumpang lebih dahulu, namun karena terlalu lama berenang dia mati kelelahan. Itulah kenapa jasat pertama yang ditemukan diantaranya adalah perempuan tanpa pakaian (hanya menggunakan pakaian dalam).

Fakta :

Ditemukan jasad penumpang yang sudah menggunakan life jacket.

Analisa :

Setelah terjadi kepanikan dan pintu darurat terlanjur terbuka, salah satu penumpang sadar dan langsung memakai Jaket Pelampung, lalu kemudian dia keluar dan terjun keluar bersama beberapa penumpang lain yg ternyata belum memakai Jaket Pelampung.

Nah, karena pintu darurat terbuka, membuat keadaan di dalam pesawat menjadi tambah kacau, inilah penyebab utama kecelakaan. Karena Pilot akhirnya harus mendaratkan secara darurat pesawat di atas air laut. Malang, pendaratan tidak mulus.

Kemudian ditemukan lagi 3 jasad 2 pria dan seorang perempuan yang berpakaian Pramugari.

Kepala Badan SAR Nasional, Bambang Soelistyo, mengatakan pihaknya baru saja mengevakuasi tiga jenazah penumpang pesawat AirAsia QZ 8501. Dua jasad berjenis kelamin pria dan seorang perempuan. Jenazah perempuan berpakaian pramugari. bbc.com

wah.. awak pesawat seharusnya paling akhir ditemukan, karena mereka tidak boleh keluar dari pesawa sebelum penumpang selamat, mereka punya tanggung jawab menyelamatkan penumpang terlebih dahulu sebelum keselamatan mereka sendiri.

:p

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.